Sudah lebih dari 1 tahun kita hidup dibawah bayang-bayang Covid-19. Ternyata mau ngga mau atau sadar ngga sadar telah merubah pola hidup kita. Banyak yang dari kita awalnya hidup cuek, tapi sekarang lebih aware terhadap kebersihan dan kesehatan.

Beberapa perubahan pola hidup 5M yang kita lakukan adalah sebagai berikut :
1. Selalu menggunakan masker saat keluar rumah
2. Mencuci tangan lebih seksama 
3. Menjaga jarak dengan orang lain
4. Menghindari kerumunan
5. Membatasi kegiatan di luar rumah

Selain 5M yang terus-menerus dikampanyekan oleh Pemerintah, tentunya kita sendiri memiliki kebiasaan baru sejak pandemi ini. Dibawah ini beberapa kebiasaan baru yang saya lakukan yaitu :
- Sering membawa dan menggunakan hand sanitizer
- Lebih memilih berbelanja online daripada ke pasar/supermarket
- Lebih rajin memasak sendiri daripada jajan di luar
- Membawa minum dan alat makan sendiri bila ke luar rumah
- Sering menyemprotkan cairan disinfektan di benda-benda yang sering dipegang
- Langsung mandi saat kembali bepergian
- Berjemur
- Berolah raga secara rutin
- Menjaga pola makan dan minum vitamin

Untuk merubah pola hidup tersebut lebih mudah kita terapkan karena kita sendiri mengetahui secara langsung apa manfaat dan dampaknya. Yang menjadi PR adalah menerapkannya kepada anak-anak, terutama dalam hal menggunakan masker saat ke luar rumah. Sering sekali anak-anak tidak merasa nyaman saat menggunakan masker.


Saya memiliki 2 anak yang berusia 2 tahun. Sejak pandemi, saya sangat membatasi aktifitas mereka di luar rumah. Tapi ada saatnya mereka mau ngga mau harus ke luar rumah. Saya berusaha agar mereka mau memakai masker dengan cara :

Memberikan contoh 
Tentu saja anak-anak akan selalu mencontoh perilaku dari orang-orang di sekitarnya, terutama orang tuanya. Bila ayah dan ibu selalu memakai masker saat ke luar rumah, anak-anak akan merekam hal itupun harus mereka lakukan juga.

Memberi penjelasan
Walaupun masih 2 tahun, tapi mereka sudah mulai memahami dengan baik apa yang kita sampaikan. Setiap hari saya selalu menjelaskan mengapa harus memakai masker. Tentunya dengan bahasa yang sederhana dan berulang-ulang.

Masker yang lucu
Saat ini banyak sekali masker dengan gambar dan warna yang menarik. Pilihlah masker dengan gambar yang disukai anak-anak atau biarkan mereka yang memilih sendiri maskernya.

Menggunakan kalung masker
Tak jarang bila bosan menggunakan masker, mereka akan refleks untuk melepas dan langsung membuang maskernya. Kita bisa siasati dengan mengaitkannya tersebut ke kalung masker. Sehingga masker tetap aman dan dapat digunakan kembali. Apalagi sekarang banyak model kalung masker berwarna-warni yang pasti menarik minat anak-anak.

Jangan memaksa
Bila anak-anak tidak mau memakai maskernya saat di luar, jangan dipaksa atau malah memarahinya. Sebaiknya kita yang mengambil sikap untuk menjauhkan anak-anak dari keramaian. Bujuklah dengan pelan-pelan bahwa bila mau tetap di tengah keramaian harus menggunakan masker. Tapi bila anak-anak bersikeras lebih baik kita gendong saja agar ruang geraknya lebih terbatas atau bila memungkinkan segera pulang.

Itu beberapa hal yang saya lakukan untuk mengajarkan anak-anak pola hidup di masa pandemi ini. Alhamdulillah sejauh ini bisa berjalan dengan baik. Bagaimana dengan pengalamanmu sendiri?
SHARE 9 comments

Add your comment

  1. iya nih, kalung masker skrg juga jd kebutuhan ya mengingat sering nya kitaberpergian apalagi yg harus kerja dluar. syukurnya skrg kalung masker cantik cantik jd bs nambah nilai fashion juga.. hihihi

    BalasHapus
  2. Pandemi masih belum berakhir, jangan sampe lengah buat jaga protokol kesehatan..semoga pandemi segera berlalu dan kita bisa kembali hidup normal lagi

    BalasHapus
  3. Thank for sharing Mom. Masa pandemi emang ngerubah banyak hal, terutama gaya hidup, dan ga cuma orang dewasa, anak-anakpun juga harus memulai gaya hidup baru di era new normal

    BalasHapus
  4. Pemting banget mengajarkan pola hidup new normal kepada si kecil, apalagi sekarang mereka sudah sekolah

    BalasHapus
  5. Makasih sharingnya Mbak. Aku juga punya anak balita mau umur 3 tahun. Kurasa penting banget mengajarkan hal-hal seperti ini sejak dini

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah, anak2 aq juga diajarin dari sekarang agar terbiasa, mudah2an hidup bisa berjalan normal lagi, Aaminnnn

    BalasHapus
  7. Nah, aku punya anak usia 19 bulan bun. Diajak pakai masker selalu ditarik dan endingnya enggak jadi pakai karena rewel. Masih mencari cara biar dia mau pakai jadi ngerasa lebih aman kalau bepergian.

    BalasHapus
  8. Wah menarik sekali ilmunya dan ini penting di masa pandemi

    BalasHapus
  9. Bener bgt, kita harus membiasakan mengajarkan anak untuk selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak

    BalasHapus

monggo...

© Reni Susanti · DESIGNED BY SAHABAT HOSTING