Menjadi seorang ibu adalah sebuah anugerah yang sangat indah yang aku rasakan. Apalagi saat dikaruniai anak kembar yang tumbuh kembangnya baik hingga saat ini. Tak pernah terbayangkan, aku yang dulunya seorang carrier woman menjelma menjadi seorang ibu rumah tangga dengan segala aktifitas domestik. Tapi Alhamdulillah aku sangat menikmati peran ini selama 3 tahun belakangan.

Tantangan besar yang aku hadapi saat ini adalah makin meningkatnya tekanan dan kecemasan di masa pandemi ini, terutama karena adanya peran ganda dalam mengurus rumah tangga, pengasuhan anak serta ikut membantu finansial keluarga. Pada akhirnya membuat emosi menjadi tidak stabil. Selain itu, kondisi pandemi ini juga membuat saya merasa selalu waswas dalam menjaga kesehatan dan imun keluarga. Tak bisa dipungkiri, pandemi ini memberikan efek yang besar. Efek baiknya aku jadi memiliki lebih banyak waktu di rumah dan bisa lebih kreatif dalam menambah pemasukan. Bahkan di sela-sela waktu aku bisa mencoba resep baru, membuat mainan edukatif sendiri dan bisa lebih berhemat karena jarangnya jajan di luar. Tapi ada pula efek negatif dari pandemi ini yang langsung aku rasakan. Stress, kecemasan berlebih, dan fobia sempat sangat mengganggu saat di awal pandemi karena banyaknya pemberitaan di media.

Aku tidak sendiri, ternyata ada banyak ibu yang mengalami hal serupa. Melihat situasi ini, dalam momen memperingati Hari Ibu, Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melalui Sahabat Bunda Generasi Maju (SBGM) menyelenggarakan Webinar bagi para ibu dengan tema ”Mengelola Emosi Positif Bunda dalam Pengasuhan Si Kecil” sebagai wujud apresiasi, dukungan, serta edukasi untuk para ibu. Danone SN Indonesia bersama Sahabat Bunda Generasi Maju sangat memahami bahwa ibu memiliki peran yang sangat penting untuk anak dan keluarga. Pengasuhan yang sehat agar anak dapat tumbuh menjadi generasi maju harus dimulai dari ibu yang sehat juga secara mental.

Head of Careline & Communities Danone SN Indonesia, Flora Pramasari mengatakan “Untuk itu, bertepatan dengan momen Hari Ibu, kami mengadakan webinar dengan mengangkat tema tentang ‘Mengelola Emosi Positif Bunda dalam Pengasuhan Si Kecil’ untuk menjadi wadah edukasi, konsultasi, dan berbagi antar para Bunda bersamaan dengan para narasumber ahli. Acara ini juga bertujuan untuk memberikan apresiasi bagi para Bunda yang telah gigih mengemban peran ganda dalam mengasuh anak dan mengurus segala pekerjaan rumah tangga selama ini. Tidak hanya itu, kami berharap terbentuk juga kerekatan antara SBGM dan Bunda melalui kegiatan ini dan berbagai layanan Call Center SBGM yang hadir selama 24 jam.”

Dilla Dinda, perwakilan SBGM Danone SN Indonesia, mengatakan “Banyak Bunda yang berkonsultasi mengenai bagaimana sebaiknya pengasuhan anak yang dapat diterapkan sementara Bunda harus membagi perhatian dan pikirannya untuk hal lain juga. Sehingga saya senang dengan diadakannya Webinar ini karena di sini kami mendapatkan kesempatan untuk memberikan edukasi kepada para Bunda bersama dengan psikolog klinis anak & keluarga mengenai topik-topik permasalahan mental yang dihadapi Bunda”. Psikolog Klinis Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani menyatakan bahwa kesadaran akan kesehatan mental ibu masih minim. Faktor lingkungan dan budaya turut mempengaruhi, sehingga ibu kerap kali mengabaikannya. Dukungan emosional dari lingkungan sekitar, khususnya keluarga di rumah sangat diperlukan ibu untuk menghadapi masa pandemi, terlebih agar ibu tidak merasa sendirian dan tetap semangat untuk mengasuh si Kecil menjadi Anak Generasi Maju.

Apa yang terjadi ketika ibu mengalami stress yang tinggi?
~ Kekerasan pada anak
~ Anak diabaikan
~ Anak dimanjakan berlebihan
~ Pekerjaan ibu bermasalahIbu lebih mudah sakit
~ Relasi dengan ayah bermasalah

Hal terpenting adalah ibu harus menyadari bahwa kondisi tubuh dan kondisi psikis sangat berhubungan erat. Saat kondisi tubuh sangat kelelahan otomatis kondisi psikis pun akan ikut menurun. Begitu pula sebaliknya. Ada banyak cara yang bisa ibu lakukan dalam menyehatkan kondisi tubuh sekaligus kondisi psikis, yaitu :
✔️ Jadikan pola hidup sehat sebagai kebiasaan baru, misalnya makan bernutrisi, cukup istirahat dan tetap olahraga
✔️ Menenangkan diri, bisa dengan yoga atau bermeditasi
✔️ Saat sedang emosi jangan pernah ekspresikan kekesalan pada orang lain, menyakiti diri sendiri atau negative self-talk
✔️ Kenali batasan tubuh dan psikis, ternyata penting lho beristirahat sejenak dari gadget
✔️ Tetap bersosialisasi, physical distancing itu bukan berarti social distancing.

Kesimpulannya, semua bentuk emosi seperti bahagia, marah, sedih, kecewa dan sebagainya itu bermanfaat bila dikelola dengan cara yang tepat dan dialami secara wajar. Bahkan stress pun dibutuhkan untuk membuat kita lebih bersemangat melakukan sesuatu. Tapi kembali lagi sesuatu yang berlebihan tentu saja tidak akan baik untuk kita. Maka penting bagi kita untuk dapat mengelola emosi dan menyalurkannya menjadi hal yang lebih bermanfaat. Karena perlu kita tahu, anak-anak tidak butuh ibu yang sempurna, tapi mereka butuh ibu yang bahagia.

Seorang ibu tentunya membutuhkan dukungan dari semua pihak. SBGM yang merupakan bagian dari Danone SN Indonesia, memiliki peran mendampingi ibu di sepanjang masa penting perjalanan mereka sebagai seorang ibu untuk dukung si Kecil menjadi Anak Generasi Maju, termasuk pada periode 1000 hari pertama kehidupan. Pada tahun 2021 ini SBGM telah mendampingi lebih dari 200.000 orang tua di seluruh Indonesia dengan menjawab pertanyaan mereka mengenai nutrisi, produk dan tumbuh kembang si Kecil. 

SBGM saat ini berjumlah lebih dari 60 orang, dengan latar belakang yang berasal dari Pendidikan Gizi, Kebidanan, Keperawatan dan Kesehatan yang siap menjawab pertanyaan ibu melalui call center 0800-1-360-360 (layanan bebas pulsa) atau WA 0804-1-360-360 selama 24 jam. Selain itu, kita bisa bergabung dengan Klub Generasi Maju dengan berbagai keuntungan. Poin yang dikumpulkan dengan cara bergabung di Klub Generasi Maju dan pembelian dari produk SGM Eksplor Pro-gress Maxx dan/atau SGM Bunda Pro-gress Maxx. Poin yang sudah kita kumpulkan dapat ditukar dengan Maxx Service seperti video edukatif Tutor Time dan voucher Halodoc, atau ditukar dengan Max Rewards seperti mainan edukatif, voucher potongan harga dan saldo untuk memenuhi kebutuhan keluarga Generasi Maju. 

Yuk Bunda segera gabung di Klub Generasi Maju!

SHARE 8 comments

Add your comment

  1. iya semua ibu tentunya memerlukan dukungan semua pihak namun ada saja pihak yang selalu menyalahkan posisi ibu sampai-sampai diriku ini ngerasa kayak aku tuh orang tua yang buruk ya gimana sih supaya aku bisa jadi ibu yang baik mungkin ini juga termasuk toxic positif ga sih mom ?


    karena pikiranku aju fokus ke aku ibu yang baik ayah bisa jadi ibu yang baik jangan marah jangan marah sampai kayak aku tuh nahan emosi sendiri dan ujungnya ga terkendali hiks

    BalasHapus
  2. Biasanya kalau sudah stress kerjaan kantor dan kurang istirahat suka muncul nih mom toxic positivity-nya. Ditambah LDM juga. Klub Generasi Maju ini bermanfaat sekali untuk membantu para ibu ya.

    BalasHapus
  3. Ternyata anak dimanjakan secara berlebihan juga termasuk indikasi ibu sedang stress ya kakak. Kadang pas lagi down aku mengabaikan tingkah anakku, tapi setelah itu nyesel banget.

    BalasHapus
  4. Penting banget nih. Kita harus bisa punya skil ngadepin anak. Apalagi yg masih suka tantrum

    BalasHapus
  5. Penting banget informasi nya, apalagi emosi bunda berkaitan juga dengan tumbuh kembang anak

    BalasHapus
  6. Generasi maju tentu butuh orangtua yang bahagia dan ga emosi yaa.. bener2 PR nih buat jadi Ibu yg bahagia supaya anak2 jadi generasi yg bahagia jg

    BalasHapus
  7. Aku kemarin juga ikut webinar dari SBGM ini bunda. Maasyaa Allah materinya bermanfaat banget buat para ibu di masa pandemi kayak gini... Ibu bisa belajar healing emosi negatif dan berubah jadi emosi positif

    BalasHapus
  8. Topik yg dibahas bagus bgt nih, karena kesehatan mental ibu itu sangat penting, agar anak tumbuh dengan bahagia. Dan setuju sih, support paling utama yg dibutuhkan itu dari keluarga khususnya suami. Semangat untuk para ibu

    BalasHapus

monggo...

© Reni Susanti · DESIGNED BY SAHABAT HOSTING