Kesehatan adalah salah satu kebutuhan pokok dan mendasar bagi manusia. Mengacu pada Undang Undang nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan, sehat didefinisikan sebagai suatu keadaan sehat baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Tapi sayangnya masih banyak masyarakat yang belum bisa mendapatkan layanan kesehatan secara memadai, baik karena terbatasnya jumlah tenaga kesehatan, kondisi geografis ataupun kondisi ekonomi masyarakat tersebut.

Sejak pandemi 2 tahun belakangan, kebutuhan akan mendapatkan layanan kesehatan secara online atau biasa dikenal telemedicine menjadi sangat meningkat. Hal ini disebabkan karena himbauan pemerintah untuk selalu menjaga jarak dan mengurangi mobilitas. Apabila kondisi belum terlalu mengkhawatirkan, maka memang sebaiknya kita menggunakan telemedicine untuk mendapatkan layanan kesehatan. Ada beberapa aplikasi telemedicine yang berkembang di Indonesia, salah satunya adalah SehatQ atau SehatQ.com.



SehatQ merupakan penyedia kesehatan digital yang berdiri pada bulan November 2018 yang bisa kita akses melalui aplikasi dan website. SehatQ memiliki beberapa fitur yang bisa kita gunakan, seperti Chat Dokter, Toko SehatQ, Booking Dokter dan Rumah Sakit, dan Artikel Kesehatan. Di SehatQ pengguna dapat melakukan dengan mudah mendapatkan layanan kesehatan melalui HP, dari mana saja dan tidak perlu keluar rumah. Kita dapat berkonsultasi dengan dokter sesuai kebutuhan yang dilakukan melalui video call atau chat dengan dokter. Untuk kebutuhan beli obat, kita bisa membeli melalui Toko SehatQ dengan cara mengupload resep atau bisa langsung membeli obat yang tanpa resep dan tinggal menunggu obat tersebut dikirimkan ke rumah. Praktis banget ya?

SehatQ menawarkan berbagai keunggulan yang dapat membuat hidup sehat jadi lebih mudah. Berikut kelima manfaat yang pengguna bisa dapatkan melalui fitur-fitur di SehatQ, yaitu :

Dokter Terpercaya

SehatQ menghadirkan dokter yang terpercaya yang telah terdaftar dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Dengan demikian, kita tak perlu ragu akan kapabilitas dokter saat melakukan konsultasi kesehatan. Melalui fitur Chat Dokter di SehatQ, kita dapat melakukan konsultasi terhadap berbagai keluhan penyakit dan masalah kesehatan sesuai yang dibutuhkan. Dalam berkonsultasi selain melalui chat, kita juga bisa berkonsultasi langsung melalui video call. Apabila kondisinya mengharuskan dilakukan tindakan, kita bisa booking dokter dan rumah sakit di SehatQ. 


Ragam Opsi Dokter

SehatQ juga memiliki opsi dokter dari beragam spesialisasi, termasuk dokter umum. Dengan demikian, kita dapat memilih dokter spesialis atau umum sesuai keluhan untuk untuk berkonsultasi via video call ataupun chat online. SehatQ menghadirkan beragam dokter spesialis mulai dari dokter anak, kandungan, THT, penyakit dalam, saraf, kulit, jiwa, gigi, hingga spesialis paru dan jantung.

Rahasia Terjamin

Di samping menghadirkan opsi dokter, SehatQ juga menjamin kerahasiaan data dan kondisi medis pengguna saat melakukan telemedicine. Adapun permasalahan penyakit hanya akan diketahui oleh pengguna dan dokter rujukan. Pasalnya, dokter-dokter di SehatQ juga menjunjung kode etik dalam menjaga kerahasiaan para pasiennya.

Biaya Terjangkau

Soal biaya, SehatQ juga menawarkan biaya yang sangat terjangkau. Kita dapat menikmati layanan telemedicine mulai harga Rp 15.000 untuk dokter umum dan Rp 25.000 untuk dokter spesialis. Selain itu, SehatQ juga memiliki tarif dokter spesialis yang lebih murah dibandingkan di rumah sakit. Selain itu, ada banyak promo yang ditawarkan SehatQ, misalnya Best Deals untuk Swab Antigen atau PCR di beberapa fasilitas kesehatan, diskon untuk pembelian vitamin dan obat, gratis ongkir dan lain-lain. 


Fleksibel

Sama seperti layanan telemedicine lainnya, kita juga tak perlu menunggu lama atau mengantri untuk konsultasi. Kita dapat melakukan konsultasi secara online kapan dan di mana saja. Kita juga dapat langsung memilih dokter yang tersedia untuk berkonsultasi saat itu juga di aplikasi SehatQ.


Saat ini SehatQ telah memiliki sertifikasi PSEF atau Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi dari Kementerian Kesehatan.Sertifikasi ini merupakan tanda bahwa SehatQ telah menjalankan pelayanan kefarmasian berbasis internet sesuai dengan peraturan pemerintah. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh penyelenggara PSEF ini, antara lain memiliki surat tanda Penyedia Sistem Elektronik (PSE) dari Kementerian Informatika (Kominfo), akses pengawasan pemerintah dan izin dari Kementerian Kesehatan.

Dengan adanya sertifikasi PSEF ini, kita sebagai pengguna merasa merasa aman dan nyaman dalam mendapatkan layanan khususnya telefarmasi dari SehatQ. Layanan telefarmasi memberikan kebebasan untuk kita memilih klinik yang akan memberikan layanan kefarmasian di berbagai daerah. Kita juga lebih mudah dalam mengakses fasilitas kesehatan dan ketersediaan obat, terutama di masa pandemi ini.

Melihat banyaknya keunggulan dari SehatQ ini, langsung aja yuk kalian download aplikasi SehatQ di Google Playstore dan App Store atau bisa akses langsung melalui websitenya www.sehatq.com Moga review ini dapat bermanfaat bagi kalian ya. Salam sehat!

SHARE 16 comments

Add your comment

  1. Dengan adanya layanan telemedicine seperti ini kita tak perlu khawatir karena dr rumah bisa lsg konsul sama dokternya ya.
    .era digital membuat kita terbantu sperti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mb, makin mudah dan fleksibel untuk berobat ya. Jadi bisa memberikan penanganan pertama sebelum membawa si sakit ke RS.

      Hapus
  2. sekarang gak perlu lagi gugling sendiri tentang suatu kondisi penyakit terus dapet informasi yang keliru. udah ada aplikasi sehatQ nih, aman dan terpercaya

    BalasHapus
  3. Aku juga kalau nyari referensi biasanya yg nongol pertama website sehatQ ini hahaha, asyik emangg

    BalasHapus
  4. solusi bget ini klo kita lg gak bs kluar rumah dan butuh pertolongan . biaya nya jyga terjgkau ya

    BalasHapus
  5. Aplikasi SehatQ ini solusi banget untuk pertolongan pertama dirumah, karna isinya juga lengkap..

    BalasHapus
  6. Sekarang makin mudah ya mau konsul kesehatan bisa dari rumah aja, terutama untuk saat-saat msh pandemi gini yg bikin mobilitas rendah. Aku jadi pingin download juga ^^

    BalasHapus
  7. Aq baru download appny nich, mau nyobain pake jg akh

    BalasHapus
  8. aku juga udah langganan aplikasi sehatQ, aplikasinya banyak manfaat, gampang juga dipakenya

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah banget ya kita hidup diis jaman serba digital jadi untuk masalah kesehatan pun udah banyak solusi aplikasi..

    BalasHapus
  10. Makin praktis ya jaman sekarang udah canggih2, ada aplikasi yg trustednya pula lagi. Mau konsul tinggal lewat aplikasi deh

    BalasHapus
  11. Lagi masa pandemi gini penting banget memang apps seperti ini yaa. Ngebantu kalau lagi mau konsul tpi worry mau ke rs

    BalasHapus
  12. Praktis banget ngebantu di saat sekarang langsung works karena cepat dan tentunya jd gak asal2an yah

    BalasHapus
  13. wah iya bener jadi lebih aman dan nyaman yaaa ... konsultasi pun ga pake keluar rumah

    BalasHapus
  14. Wah bagus, ni kayaknya aku perlu download juga buat konsul sama dokter dari rumah

    BalasHapus
  15. Jadi praktis banget ya sekarang bisa konsultasi lewat online, mau coba download ah

    BalasHapus

monggo...

© Reni Susanti · DESIGNED BY SAHABAT HOSTING