Peran orang tua dalam membersamai tumbuh kembang anak di masa pandemi seperti ini sangatlah besar tantangannya. Apalagi dengan adanya social distancing, ruang gerak dan interaksi anak menjadi terbatas. Saat inilah kita harus tetap bisa memberikan stimulasi kreatif pada anak-anak agar keterampilan mereka tetap terasah serta mendukung stabilitas emosional buah hati untuk membentuk karakter dan moral yang baik sebagai bekal kehidupan-nya di masa mendatang. Sebagai orang tua tentunya kita mengharapkan anak yang tumbuh kembangnya dapat optimal, yaitu anak-anak yang sehat, pandai, berani serta memiliki kebaikan hati dan jiwa sosial yang tinggi. 

Sebagai orang tua yang memiliki anak kembar berusia 3 tahun, aku selalu berusaha agar kebutuhan nutrisi mereka dapat terpenuhi. Hal ini tentu saja akan mendukung tumbuh kembang mereka agar dapat optimal. Selain dari pertumbuhan secara fisik, aku juga memperhatikan perkembangan dalam hal emosional, sikap dan perilaku mereka. Untuk itu, susu menjadi salah satu hal penting dalam pemenuhan nutrisi mereka. Selepas dari pemberian ASI selama 2 tahun, aku memberikan susu Bebelac kepada si kembar.  

Bebelac merupakan susu pertumbuhan untuk anak usia 1 tahun keatas, untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil dan mendukung tumbuh kembangnya dari Danone Specialized Nutrition Indonesia. Bebelac kembali mengukuhkan komitmennya untuk mendukung pertumbuhan anak-anak Indonesia secara optimal, yaitu anak-anak yang sehat, pandai, berani serta memiliki kebaikan hati dan jiwa sosial yang tinggi melalui program Gerakan Anak Hebat. Gerakan Anak Hebat adalah sebuah wadah persembahan Bebelac untuk menginspirasi, informasi serta edukasi tentang bagaimana cara mendidik si Kecil agar tumbuh menjadi tiga nilai yang karakter Anak Hebat yaitu anak yang pandai, berani  serta memiliki kebaikan hati

 


LAUNCHING GERAKAN ANAK HEBAT BERBAGI KEBAIKAN

Pada tanggal 17 Maret 2022 yang lalu Bebelac meluncurkan sebuah inisiatif yaitu melalui kegiatan Gerakan Anak Hebat Berbagi Kebaikan yang merupakan bagian dari komitmen BEBELAC untuk tetap mendukung pertumbuhan anak-anak Indonesia agar menjadi anak-anak yang tidak hanya aktif, sehat dan pandai, tetapi juga memiliki kebaikan hati dan jiwa sosial yang tinggi. Acara launching ini bersamaan dengan webinar Langkah Awal Anak Hebat dengan Berbagi Kebaikan Bersama Bebelac yang menghadirkan :

  • Annisa Ardiellaputri (Marketing Manager Bebelac)
  • Samantha Elsener, M.Psi (Psikolog Anak & Keluarga)
  • Putri Titian (Ibu Hebat Bebelac)
  • Inga Laurina (MC)

 

Marketing Manager BEBELACAnissa Permatadhieta Ardiellaputri mengatakan, “sejalan dengan mulainya bulan suci Ramadhan, Bebelac ingin mengajak para orang tua untuk menjadikan momen ini sebagai langkah pertama kehebatan si Kecil melalui kegiatan Gerakan Anak Hebat Berbagi Kebaikan sebuah inisiatif bagi si Kecil dan orang tua untuk dapat berbagi kebahagiaan masa kecil pada anak-anak Indonesia terutama bagi mereka yang membutuhkan, melalui asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang serta stimulasi yang sesuai”.

Psikolog Anak dan Keluarga Samanta Elsener, M.Psi, menjelaskan, “Setiap anak memiliki potensi menjadi anak yang hebat. Agar si Kecil dapat menjadi anak hebat serta tumbuh dan berkembang secara optimal, para orang tua harus membekali si Kecil dengan kemampuan kognitif dan sosial emosional. Bulan Ramadhan juga merupakan salah satu momen yang tepat sebagai langkah awal untuk mengajarkan nilai-nilai pendidikan seperti kebersamaan, ikatan keluarga, kesabaran dan empati, dimana nilai-nilai tersebut menjadi alasan yang mendasari untuk berbagi kebaikan. Orang tua bisa memberikan contoh dalam berbuat kebaikan dimulai dari hal yang sederhana, misalnya dengan mencontohkan perbuatan kebaikan bersama saudara sekandung di rumah atau mengajarkan makna kebaikan dengan membuat pesan dukungan yang positif kepada teman-teman. Rasa berbagi dan berkeinginan untuk berbuat baik adalah perilaku yang dapat dipelajari dan dipupuk sedari dini dimana si Kecil sudah dapat diarahkan serta diberikan contoh untuk berbagi dan mulai mempelajari konsep berbagi dari orang-orang terdekat. Berbuat baik juga memiliki dampak yang positif terhadap tumbuh kembang anak, yaitu dapat menumbuhkan rasa bahagia dan percaya diri dalam diri anak, seperti anak merasa dibutuhkan dan dihargai, anak terlatih untuk berpikir secara objektif terhadap kondisi orang lain dan dirinya serta terlatih untuk menumbuhkan empati, yang dapat menjadi modal dasar di masa depan kelak.


Mom Influencer yang juga seorang Ibu Hebat Bebelac, Putri Titian berbagi pengalaman, “Tidak hanya agar tumbuh menjadi anak yang sehat, aktif dan pandai, sebagai orang tua aku juga ingin agar ia tumbuh menjadi anak yang baik hati. Untuk itu sedini mungkin aku mulai mencontohkan pada si Kecil untuk berbuat kebaikan dan menumbuhkan sifat empatinya kepada sesama, dimulai dari hal sederhana seperti berbagi dengan teman, menyayangi adiknya dan membantu Ibu dirumah.”


Tiga kata ajaib yaitu Tolong, Maaf dan Terima Kasih adalah dasar kebaikan dalam ucapan yang penting untuk kita ajarkan sejak dini pada anak-anak. Selain itu tentu saja figur orang tua harus menjadi teladan yang baik karena setiap perilaku kita akan dicontoh oleh anak-anak, terutama anak dalam golden age seperti si kembar. 

 

PAKET ANAK HEBAT

Marketing Manager BEBELACAnissa Permatadhieta Ardiellaputri menjelaskan mengenai Gerakan Anak Hebat Berbagi Kebaikan. Bermitra dengan Kitabisa untuk tahun ke-dua, Bebelac akan berbagi kebaikan dengan menyisihkan sebagian hasil keuntungan penjualan produk Bebelac Gum (BEBELAC 3/4/5) selama Ramadhan yang akan diubah menjadi paket bingkisan Kebaikan Anak Hebat yang akan didistribusikan ke ratusan panti asuhan yang tersebar di berbagai provinsi di seluruh Indonesia. 


Paket Anak Hebat merepresentasikan tiga nilai inti program Gerakan Anak Hebat yaitu:

  1. Happy heart yang diwujudkan dalam bentuk boneka lembut berbentuk binatang yang dapat memberikan rasa aman, rasa terlindungi pada anak seakan menggantikan posisi orang yang disayangi; 
  2. Happy brain yang diwujudkan dalam aktivitas stimulasi berbentuk kegiatan seni; 
  3. Happy tummy yang diwujudkan dalam bentuk paket nutrisi untuk kebutuhan zat gizi dan nutrisi lengkap pada tumbuh kembang anak.

Ketiga benda ini dapat membantu stimulasi perkembangan si Kecil agar tumbuh menjadi Anak Hebat, yaitu anak yang pandai, berani dan baik hati meskipun mereka harus berada di rumah dengan segala keterbatasan yang ada selama pandemi berlangsung.

"Kami berharap kegiatan Gerakan Anak Hebat Berbagi Kebaikan di bulan Ramadhan ini dapat memberikan manfaat yang lebih luas bagi anak-anak Indonesia untuk dapat hidup sehat dan bahagia serta memberikan inspirasi bagi para orang tua untuk mengajarkan si Kecil berbuat kebaikan kepada sesama yang juga akan berdampak pada kemampuan interaksi sosialnya di masa mendatang sehingga ia dapat tumbuh menjadi anak yang sehat dan bahagia". kata Annisa selaku Marketing Manager Bebelac.

 

PENUTUP

Bulan Ramadhan menjadi hal yang aku tunggu-tunggu setiap tahunnya. Apalagi sejak punya anak, vibes-nya Ramadhan menjadi lebih meriah. Dua tahun ini, si kembar menjadi penyemarak di saat sahur dan berbuka. Di tahun ini tentu saja akan lebih banyak hal yang dapat aku ajarkan kepada mereka, terutama menstimulasi yang sesuai usianya untuk mengajarkan nilai kebaikan. Misalnya mengajarkan rasa syukur dengan mengucap Alhamdulillah, mengajarkan untuk mengenal emosi, mulai membiasakan berinteraksi dengan keluarga dan teman sebayanya. 

Salah satu kebaikan yang bisa kita lakukan menyambut bulan Ramadhan adalah dengan mendukung Gerakan Anak Hebat Berbagi Kebaikan ini dengan cara membeli Bebelac 3/4/5. Sebagai orang tua aku senang sekali, bisa memenuhi nutrisi anak sekaligus berbagi kebaikan dengan anak-anak lain di Indonesia. Untuk info lengkapnya mengenai Gerakan Anak Hebat Berbagi Kebaikan ini, Ibu Hebat bisa mengunjungi instagram @bebeclub atau website bebeclub.co.id.   




 

SHARE 10 comments

Add your comment

  1. Saat ini anakku masih cari-cari sufor yang cocok bun. Mungkin bisa coba Bebelac ini agar tumbuh kembangnya makin optimal dan jadi anak hebat dalam berbagi kebaikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, cari sufor yg kandungannya bagus untuk dukung tumbuh kembang anak secara optimal

      Hapus
  2. Aahhh aku ketinggalan program sebagus ini. Kapan yaa ada lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek terus IG @bebeclub bun, nanti ada update next event nya

      Hapus
  3. Aaa.. sama mbak. Tahun ini jg udah ada yg buat sahur n berbuka ramai. Otw cek ig nya bebelac deh, moga msh bs ikutan ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih bisa koq mbak, programnya sampai 25 April nanti

      Hapus
  4. Mantuulll bermanfaat banget acara nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu acara bermanfaat lainnya dari @bebeclub ya bun

      Hapus
  5. Tolong, maaf, dan terima kasih penting banget diterapkan dalam kehidupan sehari2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget bun, makanya bagus untuk dibiasakan sejak dini

      Hapus

monggo...

© Reni Susanti · DESIGNED BY SAHABAT HOSTING