Mau ngerasain hidup yang harmonis dengan alam? Bebas hirup nafas tanpa terkontaminasi asap knalpot? Bengong tanpa terganggu suara panggilan dari Bos? Ngobrol ngalor-ngidul tanpa tema gosip selebriti ter-update? What a wonderful life... 
Itulah yang saya rasain waktu nge-trip ke Baduy dan mencicipi hidup ala mereka selama 2 hari.


24 Desember 2010, 8.10-10.00, St. Tanah Abang-St. Rangkas Bitung
Kereta Rangkas Jaya jurusan Rangkas Bitung sukses membawa saya bersama 17 teman-teman dari FBI (Forum Backpacker Indonesia) memulai petualangan ini, yang dikomandoi oleh Dani. Nggak salah milih dia jadi sang ketua, secara sudah 5x bolak-balik ke Baduy. Saya sih curiganya dia mau nengok anak istri kali ya disana. So, kita semua jadi pengiringnya melepaskan rindunya (hehe...piss bro!).
Berangkat jam 8.10 dari St. Tanah Abang, sampai Rangkas Bitung sekitar jam 10.00. Tapi ternyata elf yang kita sewa belum datang. Muncullah jiwa keibuan kita (kita disini maksudnya nggak termasuk yang cowokicowok lho!) setelah dapat info kalo diseberang stasiun itu ada pasar. It's time for shopping! ;)

11.00-13.00, St.Rangkas Bitung-Ciboleger

Sekitar jam 11 siang, kita berangkat dari Stasiun Rangkas Bitung menuju Ciboleger. Perjalanan sekitar 2 jam plus mampir buat sholat Jum'at. Sampai Ciboleger, kita mampir ke rumah makannya Pak Agus Bule (koordinator guide Baduy). Ternyata guide-guide kita sudah nunggu disitu. Ups...kirain anak panti asuhan mana, seragaman gitu bajunya (hehe...).


 Sanip, Armani, Sapri, Juli dalam baju kebesarannya


13.30-18.00, Ciboleger-Cibeo
It's trekking time! Petualangan dibuka dengan beberapa anak tangga menuju perkampungan Baduy Luar untuk lapor dan bayar tiket masuk Baduy. Tanjakan pertama, nafas mulai putus-nyambung-putus-nyambung. Keliatan yang nggak pernah olahraga (termasuk saya!). Satu persatu ransel mulai berpindah bahu. Jalan aja susah, apalagi sambil gendong ransel! Tapi... aku bertahan karna ku yakin pada pendirianku (sambil nyanyi lagunya Rio Febrian). Dan...eng-ing-eng... saya sanggup bawa ransel sampe Cibeo (yipppiiii...). Walaupun selanjutnya nyerah juga (hehe...)

Mendaki gunung

Lewati lembah
Sungai mengalir indah ke samudra
Bersama teman bertualang
Tempat yang baru belum pernah terjamah
Slalu waspadalah kalau berjalan
Siap menolong orang dimana saja








 The trully trekking

Cibeo
Hari mulai gelap saat kita menginjakkan kaki di Cibeo. Ternyata rame banget! Hampir tiap rumah disana penuh sama pendatang kayak kita. Selama perjalanan ketemu rombongan ibu-ibu & bapak-bapak pembina pramuka se-Serang. Rambut boleh ubanan, muka boleh penuh kerutan, tapi semangatnya...salut deh! 10 jempol buat mereka.
Hal pertama yang saya lakukan sampe di rumah Juli, tempat kita nginap, adalah ngelurusin badan! Gila...bener2 perjalanan yang dahsyat! Bisa pules tuh rebahan di tiker bambu kalo nggak inget badan yang baunya sangat aduhai. Kayaknya asyik deh capek-capek begini mandi air hangat di bath tub (ngimpi!...hehe).
Mandi di sungai? Siapa takut! Disini baru keliatan noraknya. Kita disuruh bawa sarung buat mandi. Trus caranya gimana? 5 menit pertama ganti baju dengan sarung, 5 menit kedua cuci-cuci muka, 5 menit ketiga mulai ribut gimana cara mandinya. Karena sungainya dangkal, cuma semata kaki, jadi nggak semua badan bisa kerendem. Mulailah ritual mandi ala bidadari-nya Jaka Tarub (kebetulan yang mandi disitu cewek ber-7). Siram sana-siram sini, eh sampe ketagihan. Padahal airnya dingin banget lho! Abis mandi rame lagi (maklum cewek-cewek!), bingung gimana caranya ganti sarung basah dengan baju kering. Mau tau caranya? PM yah...hehe...
Selanjutnya, makan-makan bekal dari rumah plus ngobrol-ngobrol sama Juli & Sapri. Udah kayak artis sama wartawan infotainment deh! Mungkin mereka eneg juga kali, pertanyaannya itu lagi-itu lagi. Untungnya mereka baik dan tidak sombong serta gemar menabung (lho?...). Ga sangka, ternyata Juli udah keliling Jabotabek lho.  Bahkan saya aja nggak tau semua tempat yang dia kunjungin. Salutnya lagi, dia JALAN KAKI! Amazing... 
Jam 9-an, mereka undur diri, nggak tega kali ngeliat kita-kita yang tak berdaya ini. Saya langsung cari posisi. Tidur di rumah panggung ternyata ribet juga. Tiap bergerak pasti bunyi. Kreeekkk... Yang pasti dingiiiin banget. Udara malam bebas keluar masuk lewat celah-celah bilik. Brrrrr...
Sayangnya, di Cibeo kita dilarang buat ambil foto karena termasuk wilayah Baduy Dalam. Padahal suasananya indah banget disini. Apalagi orang-orangnya, enak dilihat gitu. Kulitnya rata-rata putih merona. Saya yang sudah rajin luluran aja belum juga bisa semulus mereka. Malah keliatannya lebih terawat kulit mereka dibanding saya. Apa ya rahasianya? *thinking2.com*

25 Desember 2010, 7.30-10.30, Cibeo-Jembatan Akar
Trekking part 2. Mantab bro! Ternyata medan yang kita lewatin lebih menantang dari yang sebelumnya. Tanjakan lebih terjal, turunan lebih curam, plus lewatin tanah-tanah yang licin. Kaki udah mulai terbiasa, capek sih tapi nggak sekaget kemarin.
Jembatan akar adalah jembatan yang terbuat dari akar (ya iyalah!). Alamiah banget dari akar yang saling terhubung. Supaya memudahkan untuk dilewati, maka ditambahin bambu-bambu tempat berpijak. Keren banget deh!
Pose andalan ABG Baduy (generasi biru juga nih!)

11.30-14.30, Jembatan Akar-Kedu Ketug

Perjalanan dilanjutkan melihat langit mulai mendung. Buru-buru kita meninggalkan jembatan akar mengingat medan yang pasti bakalan lebih berat kalo abis diguyur hujan. Bener aja, baru sejam-an kita jalan hujan turun. Rintik-rintik, tapi lumayan bikin basah. Sambil nunggu hujan, kita mampir di warung buat menyapu bersih perbekalan yang dibawa. Plus kopi panas yang bikin suasana seimbang tepat ja... ups, salah jargon! 
Selanjutnya, medan yang dilewati nggak sedahsyat yang sebelumnya. Lewat pemukiman di luar baduy. Rumah yang udah terbilang modern dengan peralatan elektronik. Sayang, dari sekian warung yang kita tanya, nggak ada yang jual es. Padahal punya kulkas. Jangan-jangan dipake buat simpen beras lagi? hehe...
Sampai di Kedu Ketug, istirahat sebentar dan saya langsung ke cari lauk buat makan malam di warungnya Pak Agus Bule. Untung jarak dari Kedu Ketug ke Ciboleger deket, cuma sekitar 200 m. Disitu udah banyak orang-orang Baduy yang baru selesai tugas jadi guide rombongan lain. Sumringah banget pas pembagian fee. Nggak seberapa yang mereka dapat, tapi sikap yang bikin gue malu. Betapa kurang bersyukurnya saya selama ini. Astaghfirullah!

Kedu Ketug

Malam kedua, kita menginap disini. Walau masih kawasan Baduy, tapi masih bisa rasain hawa modernisasi. Persis disamping rumah tempat menginap, ada rumah yang teras depannya dipasang TV dan tersedia stop kontak buat charge HP. Bebas buat masyarakat sekitar. ABG disana suka banget sinetron-sinetron. Sambil nonton, HP mereka sahut-sahutan bunyi SMS masuk. Makin malam tambah makin rame. Dari anak-anak, ABG, ibu-ibu sampai bapak-bapak nggak ketinggalan buat menikmati satu-satunya 'kotak mimpi' itu. Anehnya, nggak ada yang keberatan sama channel yang udah on. Beda banget sama rumah saya, yang saban hari pasti terjadi perang remote TV.

26 Deseber 2010, 07.00-10.00, Ciboleger-St.Rangkas Bitung

Hard to say goodbye!
Dimanapun, kapanpun, dengan siapapun, selalu berat bagi saya untuk lewatin yang namanya perpisahan. 2 hari merasakan hidup bersama mereka dan menjadi bagian dari mereka, membuka lebar mata kepala dan hati saya. Sungguh, banyak pelajaran yang saya dapat dari mereka. Kesederhanaan, komitmen, semangat, kerja keras, ketulusan, kepasrahan, cinta pada alam, rasa bersyukur, etc. Berat rasanya tinggalin kehidupan yang harmonis ini. Hiks...
Suatu saat saya harus kembali lagi kesana. Menemukan sekeping hati yang masih tertinggal disana. Yang enggan untuk pulang. Tapi mungkin nggak dalam waktu dekat ya. Harus reparasi otot-otot betis saya yang udah meringkel nggak jelas ini (hehe...)


10.10-12.00, St.Rangkas Bitung-St.Tanah Abang
Kereta Rangkas Jaya mengembalikan saya ke kehidupan hiruk pikuk ibu kota. Penuh dengan kebisingan, polusi, dan kamuflase. Ya sudahlah, jalani aja...


Special thank's to Juli, Sapri, Armani, dkk
And FBI team, nice trip with u all guys!

RenieZ 
   
SHARE 0 comments

Add your comment

monggo...

© Reni Susanti · DESIGNED BY SAHABAT HOSTING