⛲ Sensitive Period / Masa Kepekaan ⛲

Masa-masa ini adalah krusial pada perkembangan anak. Ketertarikannya ini bila difasilitasi dgn kegiatan yg tepat bisa mengoptimalkan perkembangan dan mengurangi tantrum lho. Bubu coba mengamati aktifitas Baby Twins beberapa hari ini, apa yg sedang mereka sukai atau kegiatan yg bikin mereka fokus.


✔️ Order / Keteraturan

Jangan salah mereka sudah punya jadwal harian lho. Contohnya setelah bangun tidur bukan kuterus mandi, tapi main di luar dulu, baru deh mandi, makan, dll. Kalau acara main di luar ini di skip, pasti deh mereka agak rusuh sambil pandangin jendela terus.


✔️ Small Object / Benda Kecil

Saat di halaman, kalau tidak ada kucing atau ayam, apa yg mereka cari? Semut. Ya, mereka sangat tertarik pada semut, langsung deh teriak heboh. 

Nah Bubu coba memfasilitasi dengan main menyendok makaroni. Tapi karena masih fase oral, menit keberapa sudah masuk mulut deh. Eh tapi anehnya saat coba main pasir malah aman-aman aja. Mungkin udah tau pasir ga semanis gula pasir ya.


✔️ Movement / Pergerakan

Wah ini paling banyak deh. Hobinya adalah mengeksplor apapun. Bongkar isi lemari, ngumpet dalam lemari, mau makan sendiri atau saling menyuapi, main dus/toples, lari-larian, main bola, dll. Jadi maklum aja ya kalo rumah Bubu bagaikan kapal pecah.


✔️ Language / Bahasa

Sekarang mereka sedang tahap belajar menunjuk anggota tubuh. Role play yg paling sering adalah main telpon-telponan dengan Ayah pakai benda apapun. Kadang remote, botol minum, buku, kartu atm, apa aja yg ditemui. Selain itu, baca buku juga jadi kegiatan wajib mereka.


✔️ Refinement of the Senses / Indera

Berani kotor itu baik koq. Tuang beras, bejek makanan, main becek-becekan, siram-siraman, pegang kucing, main pasir, petik daun, pegang es batu, dll. Bubu yakin itu cara mereka mengeksplor indera dan rasa dengan cara mereka sendiri.


✔️ Social / Lingkungan

Sebagai anak kembar mereka memang sangat peka terhadap saudaranya. Saat kk nangis, dd pasti langsung mengelus kepala kk-nya. Tapi pasti dong ada rebutan, nangis, gigit. Tinggal Bubu yg harus banyakin sabar.

SHARE 0 comments

Add your comment

monggo...

© Reni Susanti · DESIGNED BY SAHABAT HOSTING